Bun, Ini Tanda-Tanda Masa Melahirkan Sudah Dekat

Tanda-Tanda Masa Melahirkan Sudah Dekat

Menunggu masa melahirkan merupakan suatu momen yang paling mendebarkan. persiapan persalinan pun sudah harus disiapkan jauh-jauh hari. Misalnya memilih rumah sakit tempat bersalin dan menyiapkan segala keperluan yang akan dibawa. Apabila Bunda sudah menyiapkan segalanya, yang selanjutnya harus Bunda ketahui adalah tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Jadwal persalinan bisa saja tidak pas dengan perkiraan. Nah, apa saja kah itu? Yuk, simak ulasan berikut ini, Bun!

1. Bernapas lebih mudah

Sesak napas umumnya sering dialami oleh para Ibu hamil. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan janin dan rahim yang semakin membesar dan menekan diafragma ke atas. Sehingga, rongga dada menjadi lebih sempit yang akhirnya menekan paru-paru. Kondisi ini akan mereda ketika mendekati persalinan. Sebab, posisi bayi berada di bawah. Tekanan pada diafragma pun menjadi lebih ringan dan Bunda dapat bernapas lebih lega.

2. Intensitas buang air kecil meningkat

Dengan posisi kepala bayi yang semakin turun, maka hal tersebut dapat menekan kandung kemih. Inilah yang menyebabkan keinginan untuk buang air kecil semakin meningkat. Biasanya, Ibu hamil melakukan senam kegel supaya dapat mengontrol kandung kemih. Salah satu tips untuk mengatasinya yaitu condongkan tubuh ke depan ketika buang air kecil supaya kandung kemih benar-benar kosong.

3. Kontraksi palsu

Tanda lainnya yaitu merasakan kontraksi palsu atau pengencangan pada perut yang datang dan pergi. Kontraksi seperti ini biasanya terasa di bagian panggul atau daerah perut. Ini disebabkan otot dan sendi mulai meregang dan bergeser untuk persiapan persalinan. Sebenarnya, kontraksi terjadi sejak usia kehamilan 16 minggu. Namun, kontraksi palsu rasanya lebih kuat dan lebih sering terjadi.

4. Sulit tidur

Ketika hamil, Bunda akan mengalami banyak perubahan pada tubuh, hormon, serta suasana hati. Ukuran rahim yang semakin membesar, membuat Ibu hamil merasa tidak nyaman. Selain itu, rasa tidak nyaman lainnya seperti nyeri punggung, sering buang air kecil saat malam hari, rasa stress dan cemas, serta nyeri ulu hati membuat Ibu hamil mengalami sulit tidur. Sebagian besar dialami ketika masuk trimester 3.

5. Keluar lendir bercampur darah dari vagina

Selama masa kehamilan, leher rahim akan ditutupi lendir kental. Ketika masa melahirkan sudah dekat, rahim membesar sehingga lendir yang menutupi leher rahim akan keluar dari vagina. Lendir ini bercampur dengan darah. Lendir ini biasanya keluar setiap beberapa menit, jam, atau hari menjelang persalinan. Namun, jika mengalami pendarahan berat, sebaiknya segera hubungi dokter karena kemungkinan kandungan bermasalah, khususnya plasenta.

Bun, itulah sebagian dari beberapa tanda-tanda melahirkan sudah dekat. Bila tanda-tanda ini sudah terjadi pada Bunda, maka segera lakukan persiapan dan berangkat menuju rumah sakit persiapan bersalin yang sudah bunda pillih. Bila ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik maka bunda bisa memilih Klinik Bersalin di RS Pondok Indah Jakarta, yang memberkan pelayanan bersalin berkualitas dengan dokter-dokter yang telah berpengalaman, seperti yang bisa dilihat pada link berikut: https://www.rspondokindah.co.id/id/center-of-excellence/klinik-kebidanan-dan-kandungan. Semoga artikel ini dapat membantu Bunda, ya!

You May Also Like

About the Author: admin